Bendera Bajak Laut

Kamis, 16 Juni 2011


Karena saya senang sekali nonton film yang bertema bajak laut, terlebih film sekuel yang dibintangi oleh Jonny Deep "Pirates of Carribean", jadi pada kesempatan ini saya ingin memposting artikel yang bertemakan Bajak Laut, khususnya Bendera yang menghiasi Kapal Bajak Laut.
Sebenarnya ada ga sih bendera bajak laut? Kenyataan sih memang ada bendera bajak laut. Bukan hanya sekedar mitos atau legenda, bukan dari hasil rekaan sebuah film semata, dan juga bukan berasal dari imajinasi seorang penulis seperti Robert Louis Stevenson yang menulis buku "Treasure Island". 

Bajak laut mengibarkan bendera bajak laut asli. Bendera bajak laut dibuat dan dimodifikasi oleh setiap kapten bajak laut beserta awaknya dan setiap kelompok bajak laut memiliki  ciri khas bendera bajak laut  sendiri yang berbeda dengan kelompok bajak laut lainnya, seperti bendera bajak laut yang dikibarkan oleh Blackbeard dan Calico Jack Rackham. Setiap kapal bajak laut memiliki bendera bajak laut versi mereka sendiri. 

Sejarah Bendera Bajak Laut
Bendera bajak laut yang paling terkenal adalah "Jolly Roger". Bendera digunakan oleh kapal laut untuk berlayar dengan sah, selama masa kejayaan penjelajahan bendera kapal laut digunakan untuk membedakan mana yang kapal musuh dan mana yang kapal teman. Kapal laut Inggris "the Elizabethan" yang berlayar dengan menggunakan Bendera yang bergambarkan Emblem nasional sebagaimana juga dengan Kapal laut Spanyol "Tudor Rose" menggunakan bendera yang bergambarkan Salib Katholik sebagai bendera sah untuk kapal laut mereka.

Sejarah bendera kapal laut dikembangkan dan diadopsi dari bendera nasional. Bajak laut memiliki kode etik dan tradisi sendiri. bendera bajak laut mengalami perkembangan secara alami dalam sejarah dan budaya bajak laut. Bendera bajak laut digunakan untuk "Perang Psikologis" kepada musuh mereka. Bendera bajak laut didisain untuk mengancam, mengitimidasi dan menyebarkan teror serta kengerian kepada setiap kapal laut lain yang dijumpainya. Sejarah bendera bajak laut menjadi elemen penting dalam membangun reputasi menakutkan dari Kapal bajak laut.

Warna bendera bajak laut ada yang berwarna merah dan hitam sebagai warna latar belakang bendera bajak laut. Akan tetapi kebanyakan mengaitkan warna hitam sebagai warna bendera bajak laut. Faktanya warna merah adalah warna pertama yang digunakan sebagai bendera bajak laut. Pada awalnya bajak laut berlayar dibawah kibaran bendera merah yang menyimbolkan pertumpahan darah selain itu juga menyimbolkan peringatan serta simbol tanpa ampunan. Nama Perancis untuk bendera merah iyalah "Jolie Rouge" (istilah sinisnya "Pretty Red").

Bendera merah bajak laut akhirnya diganti oleh warna hitam yang melambangkan kematian. Bendera hitam secara tradisi dikibarkan pada kapal yang membawa wabah sebagai tanda peringatan pada kapal lainnya. Bajak laut yang berlayar dibawah bendera tersebut disebut dengan "Bendera Raja Kematian". Bendera merah dan hitam bajak laut selanjutnya lebih dihiasi dengan lambang-lambang kematian.


bersambung

0 komentar:

Posting Komentar