Manfaat telur bagi kesehatan

Jumat, 04 Maret 2011
Telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Telur-telur reptilia dan burung diselimuti kerak pelindung, yang memiliki lubang yang sangat kecil agar hewan yang belum lahir tersebut dapat bernapas.

Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh. Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.





10 Manfaat Telur bagi kesehatan

  1. Telur yang bermanfaat sangat besar besar bagi mata. Menurut sebuah studi, telur sehari bisa mencegah mascular degeneraton karena konten karotenoid, terutama lutein dan zeaxanthin. Kedua zat gizi lebih mudah tersedia untuk tubuh kita dari telur daripada dari sumber lain.
  2. Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan telur setiap hari menurunkan risiko perkembangan katarak, juga karena lutein dan zeaxanthin dalam telur.
  3. Satu telur mengandung 6 gram protein kualitas tinggi dan semua 9 asam amino esensial.
  4. Menurut sebuah studi oleh Harvard School of Public Health, tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi telur dan penyakit jantung. Bahkan, menurut sebuah penelitian, konsumsi telur secara teratur dapat membantu mencegah penggumpalan darah, stroke, dan serangan jantung.
  5. Telur adalah sumber baik kolin. Satu kuning telur memiliki sekitar 300 mikrogram kolin. Kolin adalah nutrisi penting yang membantu mengatur otak, sistem saraf, dan sistem kardiovaskular.
  6. mengandung lemak yang baik. Satu telur mengandung hanya 5 gram lemak dan hanya 1,5 gram yang mengandung lemak jenuh.
  7. Penelitian baru menunjukkan bahwa, berlawanan dengan keyakinan sebelumnya, sedang konsumsi telur tidak mempunyai dampak negatif pada kolesterol. Pada kenyataannya, studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi rutin dua butir telur per hari tidak mempengaruhi seseorang profil lipid dan mungkin, pada kenyataannya, memperbaikinya. Penelitian menunjukkan bahwa itu adalah lemak jenuh yang meningkatkan kolesterol daripada diet kolesterol.
  8. Telur adalah satu-satunya makanan yang alami mengandung vitamin D.
  9. Telur dapat mencegah kanker payudara. Dalam sebuah studi, wanita yang mengkonsumsi minimal 6 telur per minggu menurunkan risiko kanker payudara sebesar 44%.
  10. Telur mempromosikan kesehatan rambut dan kuku karena kandungan sulfur yang tinggi dan berbagai macam vitamin dan mineral. Banyak orang menemukan rambut mereka tumbuh lebih cepat setelah menambahkan telur untuk makanan mereka, terutama jika mereka sebelumnya kekurangan makanan yang mengandung sulfur atau B12.

0 komentar:

Posting Komentar